Kamis, 11 Desember 2008

Istiqomah...

Istiqomah..
kata yang sangat mudah diucapkan, namun masya Allah... susah sekali diterapkannya. Seringkali terasa mudah ketika memulai suatu kebaikan dan ketaatan, namun sangat berat untuk tetap konsisten di jalan itu.

Beda sekali ketika melakukan perbuatan kesia-siaan,, mudah untuk memulai, dan ringan untuk terus istiqomah dalam perbuatan itu.. astaghfirullah..

Apalagi di jaman sekarang, yang serba modern, serba mudah, dan serba nyaman, banyak sekali godaan yang melenakan diri ini. Sangat dibutuhkan niat dan usaha yang keras untuk melawan itu semua. Kalo kata seorang teman saya "duniawi itu mah.." (thx pik, singkat tapi menginspirasi), tapi ya itulah kondisi di jaman kiwari.

Ngan sanajan hoream, tapi kudu bener-bener dipaksakeun dina kawajiban jeung kahadean mah . Karena saat malas itulah, kita sedang berperang melawan pasukan syaitan, tinggal kita memilih, mau menang atau mau kalah tidak berdaya di bawah kaki mahluk hina itu. Meskipun tidak terlihat, namun mereka itu nyata adanya.

Perlu sekali di lingkungan tempat kita beraktivitas mencari ataupun menciptakan kondisi yang mendukung kita agar tidak terlena dengan hal-hal duniawi yang dapat melemahkan semangat kita untuk terus istiqomah dalam ibadah, baik itu ibadah mahdah maupun ibadah muamalah. Namun semua itu tetap kembali kepada sejauh mana kekuatan niat dan tekad kita untuk menjalaninya.

Beramal sedikit-sedikit tapi rutin dan konsisten lebih baik daripada beramal banyak namun seperti hanya ledakan sesaat, namun, alangkah lebih baik lagi jika bisa beramal banyak dan konsisten a.k.a istiqomah.

Ya Allah...

Kuatkanlah iman ku ini agar selalu tetap berada di jalan-Mu yang lurus

Teguhkanlah hati ini dalam menghadapi hawa nafsu dan godaan syaitan

Jauhkanlah diri ini dari hal-hal yang selalu melenakan

Dekatkanlah hamba-Mu ini kepada ilmu dan kebenaran

Amin..yaa Rabbal'alamiin...


..terus bertempur hingga akhir hayat...

Wallaahu'alam bish showaab.

2 komentar:

  1. iya,, susah bgt y istiqamah...
    hmm.. justru disitu kali ya qta dinilainya..
    dari keistiqamahan qta.
    mudah2an dapet nilai A deh!
    yu mari qta berjuang!

    BalasHapus
  2. aamiin..
    yup..yup..istiqamah emang berat,, makanya perlu cari temen yang bisa saling mengingatkan!;D

    BalasHapus